Ethicaldigest

Periksa Glukosa Darah Non-invasif

Periksa glukosa darah tanpa jarum? Ada GlucoTrack, alat monitor glukosa darah non-invasif. Penderita diabetes harus selalu menjaga kadar gula darah, bahkan harus melakukan pemeriksaan beberapa kali dalam sehari. GlucoTrack didesain untuk membantu penderita diabetes melacak kadar glukosa darah, tanpa rasa sakit, rasa tidak nyaman, biaya yang tidak perlu, serta kesulitan lain yang sudah menjadi “makanan” sehari-hari dengan menggunakan alat pemeriksaan glukosa darah konvensional. Dengan alat ini, pasien tidak perlu lagi berdarah-darah.

GlucoTrack menggunakan tiga teknologi independen, yaitu ultrasonik, elektromagnetik dan thermal.  Cara pemeriksaan, cukup dengan menjepitkan Personal Ear Clip ke daun telinga, tunggu selama 1 menit atau lebih sampai hasil pembacaan kadar glukosa terlihat di Main Unit. Hasil pembacaan akan disimpan secara otomatis, dan dapat menghitung kadar glukosa darah rata-rata selama berbulan-bulan. Alat ini berukuran dan memiliki berat serupa smartphone, dengan layar lebar. Anda dapat melihat riwayat pemeriksaan glukosa dalam bentuk tabel mau pun  grafik. Hasil pemeriksaan juga dapat didownload menggunakan kabel USB.

Alat ini diperkirakan akan populer dalam waktu dekat, karena dapat mengurangi salah satu penderitaan para diabetisi, yang harus berkali-kali menusuk tubuh dengan jarum setiap harinya. Alat ini juga lebih hemat, karena tidak memerlukan jarum dan strip. Tidak seperti alat pemeriksaan glukosa darah non-invasif lainnya, GlucoTrack tidak menggunakan teknologi optikal.  Untuk menjamin akurasinya dari waktu ke waktu, pasien diharapkan melakukan kalibrasi dan mengganti Personal Ear Clip, setiap enam bulan sekali. Daun telinga merupakan lokasi yang nyaman untuk pemeriksaan kadar glukosa darah, karena tidak mengganggu aktivitas tubuh. Dari segi fisiologis, daun telinga juga mengandung banyak pembuluh darah kapiler dan darah di daerah ini berjalan relatif lebih lambat. Selain itu, daun telinga mengandung sedikit lemak dan saraf, serta tidak terdapat tulang.  Alat ini diperkirakan akan dilempar ke pasar Eropa pertengahan tahun 2014.