Ethicaldigest

Doabetes? Aloe vera

Beberapa studi kecil menunjukkan, konsumsi jus aloe vera (tanaman lidah buaya)  bermanfaat bagi penderita diabetes. Konsumsi aloe vera peroral pada pengidap diabetes dan prediabetes, dapat menurunkan kadar glukosa darah puasa secara bermakna. Juga dapat menurunkan kadar HbA1c hingga 22,6% dari baseline.

Efek hipoglikemik aloe vera terhadap manusia ini, konsisten dengan hasil studi terhadap hewan percobaan yang menunjukkan, pemberian aloe vera peroral berkaitan dengan peningkatan kadar insulin plasma.

Selain bermanfaat dalam mengontrol kadar glukosa darah, beberapa studi menunjukkan onsumsi tanaman ini dapat membantu mengendalikan kadar LDL, HDL, dan kolesterol total meski hasilnya masih bervariasi. Manfaat lainnya adalah mengurangi bengkak dan mempercepat penyembuhan luka. Seperti diketahui, ulkus adalah salah satu komplikasi diabetes cukup serius dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

Studi-studi kecil ini menunjukkan manfaat menjanjikan aloe vera dalam pengobatan diabetes. Perlu studi yang lebih besar dan terstandar, sebelum menyimpulkan bahwa aloe vera dapat digunakan sebagai terapi diabetes dan dislipidemia.