Ethicaldigest

Diagnosa Infark Miokard 1

Nyeri  dada pada  penderita infark miokard,  serupa  dengan  nyeri angina, tetapi lebih intensif dan berlangsung lama serta tidak sepenuhnya hilang dengan istirahat atau pemberian nitrogliserin. Gejalanya adalah rasa sakit pada dada sentral atau retrosentral, yang dapat menyebar ke salah satu atau kedua tangan, leher dan punggung. Faktor pencetus  yang menyebabkan  angina adalah  kegiatan  fisik, emosi  berlebihan dan kadang terjadi sesudah makan. Hal ini karena kegiatan tersebut mencetuskan peningkatan kebutuhan oksigen. Namun, sakit  dada juga sering timbul ketika pasien sedang beristirahat (Hanafiah, 1996).

Rasa nyeri yang muncul sangat hebat, sehingga menyebabkan penderita gelisah,  takut,  berkeringat dingin dan lemas. Pasien terus menerus mengubah posisinya di tempat tidur. Hal ini dilakukan untuk menemukan posisi yang dapat mengurangi rasa sakit, tapi tidak berhasil. Kulit terlihat pucat dan berkeringat, serta  ektremitas biasanya terasa dingin (Antman, 2005).

Bradikardi dan aritmia juga sering dijumpai. Tekanan darah menurun atau normal selama   beberapa jam atau hari. Dalam waktu beberapa minggu, tekanan darah kembali normal (Irmalita, 1996). Dari ausklutasi  prekordium jantung, ditemukan suara jantung yang melemah. Pulsasinya juga sulit dipalpasi. Pada infark daerah  anterior, terdengar pulsasi  sistolik  abnormal yang disebabkan diskinesis otot-otot jantung. Penemuan suara jantung tambahan (S3 dan S4), penurunan  intensitas  suara jantung dan paradoxal splitting suara jantung S2 merupakan pertanda disfungsi ventrikel jantung. Jika didengar dengan seksama, dapat terdengar suara friction rub perikard,  umumnya pada pasien   infark miokard transmural tipe STEMI (Antman, 2005).

Diagnosis

Menurut dr. Hananto, diagnosis infark miokard dapat ditegakkan bila ada dua atau lebih dari 3 kriteria, yaitu;

  • Adanya nyeri dada

Sakit dada terjadi lebih dari 20 menit dan tidak hilang dengan pemberian nitrat biasa.

  • Perubahan elektrokardiografi (EKG)

Nekrosis miokard dapat dilihat dari 12  lead  EKG. Selama   fase   awal   miokard infark akut, EKG pasien yang mengalami oklusi total arteri koroner menunjukkan elevasi   segmen   ST.   Kemudian gambaran EKG berupa elevasi segmen ST akan berkembang menjadi gelombang Q. Sebagian kecil berkembang menjadi gelombang non-Q. Ketika trombus tidak   menyebabkan oklusi total, maka tidak terjadi elevasi segmen ST. Pasien  dengan  gambaran  EKG tanpa elevasi segmen ST, digolongkan ke dalam unstable angina atau Non STEMI.

  • Peningkatan petanda biokimia

Pada nekrosis miokard, protein intraseluler akan masuk dalam  ruang interstitial dan masuk ke sirkulasi sistemik melalui mikrovaskuler lokal dan aliran limfatik. Sebab itu, nekrosis miokard dapat dideteksi dari pemeriksaan protein dalam darah yang disebabkan kerusakan sel. Protein-protein tersebut antara lain aspartate aminotransferase (AST), lactate dehydrogenase, creatine kinase isoenzyme MB (CK-MB), mioglobin, carbonic anhydrase III (CA III),  myosin  light   chain  (MLC)   dan cardiac   troponin  I   dan   T   (cTnI   dan   cTnT) (Samsu, 2007). Peningkatan kadar serum protein-protein ini  mengkonfirmasi adanya infark miokard (Nigam, 2007).

  • EKG sebagai Penegakan Diagnosis Infark Miokard

Kompleks QRS normal  menunjukkan resultan gaya elektrik miokard, ketika ventrikel berdepolarisasi. Bagian nekrosis tidak berespon secara elektrik. Vektor gaya bergerak menjauhi bagian nekrosis dan terekam oleh elektroda, pada daerah infark sebagai defleksi negatif abnormal. Infark yang menunjukkan abnormalitas gelombang Q, disebut infark gelombang Q. Pada sebagian kasus infark miokard, hasil rekaman EKG tidak menunjukkan gelombang Q abnormal. Hal ini dapat terjadi pada infark miokard dengan daerah nekrotik kecil atau tersebar. Gelombang Q dikatakan abnormal  jika   durasinya = 0,04  detik.  Namun  hal ini tidak berlaku untuk gelombang Q di lead III, aVR, dan V1, karena normalnya gelombang Q di lead ini lebar dan dalam (Chou, 1996).

Pada injury miokard, area yang terlibat tidak berdepolarisasi secara sempurna. Area tersebut lebih positif dibandingkan daerah yang normal pada akhir proses depolarisasi. Jika elektroda diletakkan di daerah ini, potensial yang  positif  akan  terekam  dalam bentuk elevasi segmen ST. Jika  elektroda diletakkan di daerah sehat yang berseberangan dengan area injury, terekam potensial yang negatif dan ditunjukkan dalam bentuk ST depresi. ST depresi juga terjadi pada injury  subendokard, di mana elektroda dipisahkan dari daerah injury oleh daerah normal. Vektor ST bergerak menjauhi elektroda, yang menyebabkan gambaran ST depresi.

Iskemik miokard memperlambat proses repolarisasi. Area iskemik menjadi lebih negatif, dibandingkan area yang sehat pada masa repolarisasi. Vektor T bergerak  menjauhi daerah iskemik.  Elektroda yang terletak di daerah iskemik, merekam gerakan ini sebagai gelombang T negatif. Iskemia subendokard tidak mengubah arah gambaran gelombang T, mengingat proses repolarisasi secara normal bergerak dari epikard ke arah endokard. Karena potensial elektrik dihasilkan repolarisasi   subendokardium terhambat, maka gelombang T terekam sangat tinggi (Chou, 1996).